BELAJAR DARI KEJADIAN SEHARI-HARI BERSAMA SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY

SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY



Entah sudah berapa kali saya merekomendasikan buku seri Genius Matematika dan seri Ilmuwan Cilik Edutivity dalam ngobrol-ngobrol di WA. Sepertinya daripada saya mengulang-ngulang hal yang sama, lebih baik saya tulis review buku ini di blog. 

Serius ya, buku terjemahan dari bahasa Korea yang aslinya terbit tahun 2008 ini adalah favorit anak-anak saya. Anak-anak suka cerita dan ilustrasinya. Kami beli buku ini dalam beberapa kesempatan. Jadi bukan di satu waktu. Karena sering hanya menemukan seri tertentu saja. 

SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY
Warna ilustrasinya bagus banget.


Bentuk buku yang hardcover dengan ilustrasi dan warna yang bagus, juga menarik untuk anak-anak. Buku ini bener-bener tahan banting. Saya ingat dulu ada masanya anak-anak menjadikan buku ini sebagai rumah-rumahan. Di ikat dengan selotip antara satu buku dengan yang lain. Canggihnya, buku ini tetap kinclong dan tidak rusak walau sudah sempat dijadikan istana-istanaan. 

Apa yang membuat buku ini spesial?

Buku seri Genius Matematika yang saya miliki terdiri dari 16 buku yang boleh dibeli terpisah.

Ada belajar mengenai himpunan, pola, pengurangan, nilai bilangan, faktor, bilangan, sudut, jumlah peluang, perbandingan, kapasitas, kelipatan, tabel dan grafik, satuan ukur, perkalian, pecahan, garis dan desimal.

SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY
Judul-judul buku seri Genius Matematika.

Materi disampaikan dalam kasus-kasus yang sangat menarik untuk anak-anak. Contohnya mengajarkan kelipatan dengan kasus membeli ikan sarden dan ikan tuna yang tanggal tiba kapalnya berbeda. Atau belajar perbandingan dengan membuat jus tomat. 

SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY
Belajar tentang Kelipatan (KPK dan FPB) di buku ke-12 Toko Ikan Keluarga Kucing

Menurut saya, cerita yang diangkat cocok dengan anak-anak. Tidak terlalu mengawang-ngawang walau aslinya untuk anak-anak Korea. Kisah-kisah ini, membantu anak-anak memahami matematika dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini kan yang penting. 

Selain seri Matematika, ada juga seri Ilmuwan cilik untuk tema lain seperti pencernaan, tumbuhan karnivora, kerangka, rantai makanan, magnet, dan dunia hewan. Setidaknya ini yang saya punya. Saya nggak tahu juga versi lengkapnya seperti apa karena bukunya dijual satuan. 

SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY
Favorit Sasya adalah yang tentang pencernaan berjudul Putri Kentut. Rahasia Putri yang Suka Kentut.

Dalam seri Ilmuwan cilik ini juga cerita dan ilustrasinya sangat bagus. Tidak kalah dari buku-buku mahal yang harganya ratusan ribu. Malah tebal buku ini yang rata-rata 30 halaman, membuat buku ini ringan dan ergonomis buat anak-anak usia 6-7 tahun. Nggak berat atau terlalu besar. Mereka akan mudah menamatkan 1 buku dalam waktu yang tidak lama.

Buku ini untuk anak umur berapa?

Dari ilustrasinya dan jumlah kalimat dalam 1 halaman, menurut saya buku ini bagusnya untuk anak usia SD kelas 1 ke atas. Untuk materinya, bisa dipakai hingga anak kelas 4 SD sepertinya. Kalau untuk kelas 5 dan 6, saya kira mungkin mereka sudah malu kalau dikasih buku seperti ini, walau isinya bisa jadi mereka masih perlu. 

Berapa harganya?

Kami sempat beli banyak ketika buku ini diskon 40% di awal tahun 2014. Untuk seri Genius Matematika harga aslinya Rp 50.000,- (jadi Rp 30.000,-) dan seri Ilmuwan Cilik aslinya Rp 35.000,- (jadi Rp 21.000,-). 

SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY
Jarang-jarang ada buku seperti ini dengan harga terjangkau.


Belinya dimana?

Buku ini diterjemahkan oleh Gramedia pada tahun 2010 dan 2011. Sudah lama banget sih. Makanya sekarang buku ini hanya bisa ditemukan di saat toko buku Gramedia mengadakan diskonan. 

Saya berharap buku ini bisa dicetak ulang oleh Gramedia. Karena isi bukunya bagus sekali. Membantu anak-anak untuk memahami matematika dan science dasar dengan cerita yang mudah dipahami. Saya belum pernah ketemu buku sejenis ini dalam bahasa Indonesia. 

Seri Genius Matematika dan Seri Ilmuwan Cilik, perlu menjadi buku wajib di rumah bagi yang punya anak usia SD. 

SERI GENIUS MATEMATIKA DAN ILMUWAN CILIK EDUTIVITY
Belajar tentang Bilangan bersama Kokiwa dan sapi-sapinya.

#ODOPNovemberChallenge
#KamisNonfiksi
535 kata, 1,5 jam

1 Comentarios

  1. mbak.. saya cari kemana mana, online sekarang sudah ga ada ya mbak.. huks huks.. padahal pengen banget punya.. kayaknya bagus dari review mbak..

    ReplyDelete